Monday, March 29, 2010

Bentuk Adil kah?

Setiap hari saya berangkat kerja atau pulang, saya selalu melihat entah itu di sisi jalan atau lampu merah, anak-anak jalanan dan pengemis ibu-ibu yang lalu lalang mencari rezeki.

Saya miris sekali melihatnya... Ibu-ibu yang rata-rata masih berusia 20-30 th an itu menggendong anak nya. Kadang ada yg masih bayi..kadang juga ada yang batita. Selalu terlintas pertanyaan yg sama di benak saya.. Kok mereka masih saja bisa punya anak dengan kondisi seperti itu.. Bagaimana sewaktu mereka melahirkan atau kontrol kehamilan mereka ya? Anak-anak jalanan itu pun sama. Mereka dengan cuek dan lincah nya berlari-lari di tengah lalu lalang mobil, turun dari satu angkot ke angkot lainnya, dan masih juga mereka itu sempat bermain di sela-sela mobil dan angkutan umum. Hebat... Kuat sekali mereka yah... Anak-anak itu tidak pernah terlihat sakit, mereka ceria, kuat dan tanpa ada beban di matanya.

Kemudian pikiran saya beralih ke anak-anak ku. Mereka makanan selalu ada, kasih sayang cukup, dan kesehatan terjamin. Tapi, sebulan sekali ada saja absen ke dokter anaknya. Dan sekali berobat itu memang luar biasa... maksudnya luar biasa mahal nya :-). Kalau terkena angin sedikit.. langsung deh flu.

Apa memang ini salah satu bentuk adil ya? Dimana mereka yang terbatas dalam satu sisi, tapi anak-anak jalanan itu bebas terabas angin dan hujan tanpa terkena sakit flu. Di sisi lain, dimana anak-anak ku terjamin semua nya, mereka terkena sedikit saja langsung deh flu. :-)

No comments: